INEX 2012 DESPRO - Seminar Pendidikan Berbasis Kreatifitas

banner_inex

LATAR BELAKANG

Industri kreatif telah disadari oleh berbagai pihak merupakan salah satu penggerak utama perekonomian suatu negara. Sebagaimana diketahui Industri Kreatif Indonesia tidak hanya memberikan kontribusi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Nasional yang signifikan yakni tercatat 6,3% pada 2002 hingga tahun 2006 dan 7,85% tahun 2009), tetapi juga penciptaan lapangan kerja, peningkatan nilai ekspor, Penciptaan iklim bisnis yang positif, membangun citra dan identitas bangsa, berbasis pada sumber daya yang terbarukan, menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa, dan juga memberikan dampak sosial yang positif. Angka yang signifikan terhadap peningkatan PDB Nasional dalam bidang Industri Kreatif tersebut menampilkan indikasi bahwa industri kreatif memiliki peluang yang sangat besar terhadap peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu hingga tahun 2025 konsep pengembangan ekonomi kreatif terus menerus dikembangkan oleh pemerintah dibawah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementrian Perdagangan dan Kementrian Perindustrian yang dikoordinatori oleh Menko Kesra Republik Indonesia.

Konsep pengembangan ekonomi kreatif yang dikembangkan oleh pemerintah selama hampir satu windu terakhir mendapatkan respon yang positif dari masyarakat, hal tersebut disebabkan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bergerak pada bidang industri kreatif mampu dirasakan melalui praktek-praktek langsung di lapangan, baik itu merupakan swadaya perorangan atau kelompok masyarakat, maupun dibantu oleh pemerintah daerah dan juga dukungan dari institusi pendidikan berbasis kreatifitas secara informal maupun formal.

Peran institusi pendidikan berbasis kreatifitas sangat besar terutama untuk merespon peningkatan kebutuhan secara global terhadap hasil-hasil industri kreatif. Pendidikan berbasis kreatifitas sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama dalam hal persiapan memasuki industri kreatif dengan cara menyiapkan sumber daya manusia (SDM) kreatif yang terampil dan siap kerja, kemudian juga dalam hal pengembangan SDM kreatif untuk menghadapi perkembangan perekonomian dalam negeri, dunia dan juga perkembangan teknologi.

Dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif yang ditunjang dengan pendidikan berbasis kreatifitas serta sinergi yang baik antara Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, khususnya Jurusan Desain produk Industri dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Timur, Jurusan Desain Produk Industri ITS Surabaya mengadakan In House Exhibition 2012 dengan tema "Pendidikan berbasis Kreativitas" yang memiliki serangkaian acara meliputi seminar, workshop, dan pameran. Acara tersebut akan mengundang Kepala Sekolah SMU dan SMK se-GERBANG KERTOSUSILA yaitu Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Pasuruan, serta Malang. Selain Kepala Sekolah, juga turut mengundang murid SMU dan SMK sekolah terundang yang memiliki minat yang besar terhadap karya industri kreatif dan peningkatan pendidikan berbasis kreativitas setingkat sarjana.

TUJUAN

Kegiatan In House Exhibition bertujuan:

  1. Menjalin kerjasama antar ITS khususnya Jurusan Desain Produk Industri ITS (DESPRO) dengan SMA dan SMK di Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan dan Malang.
  2. Sebagai Edukasi Siswa Mengenai pendidikan desain dan Perkembangannya.
  3. Sosialisasi penerimaaan siswa baru Despro ITS melalui SNMPTN kepada SMU dan SMK di Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Pasuruan, dan Malang.

NAMA KEGIATAN

Nama Kegiatan ini adalah:

In House Exhibition, dengan tema 'Pendidikan Berbasis Kreativitas'.

WAKTU dan TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan In House Exhibition dengan tema 'Pendidikan Berbasis Kreativitas' berlangsung pada:

Hari/Tanggal: Kamis, 29 Maret 2012

Pukul : 08.00-14.00

Tempat : Gedung Robotika Kampus ITS Sukolilo Surabaya

KONTAK

Gedung R desain Produk Industri

Jl. Teknik Kimia Kampus ITS Sukolilo Surabaya

031-5931147 | 031-5910283

Follow us @desproITS

DOWNLOAD

Peta INEX2012

Lembar Konfirmasi

Jadwal Kegiatan

 

footer